Sabtu, 24 Oktober 2009

KRITERIA ORGANISASI ATAU PERUSAHAAN YANG BAIK

Terkadang suatu organisasi atau perusahaan tidak mempertimbangkan syarat dan keriteria untuk menjadi organisasi atau perusahaan yang baik. Padahal keriteria dan syarat tersebut sangatlah penting. Jika dilihat dari dampaknya di kemudian hari, maka sangatlah rugi. Maka pertimbangan yang dibutuh kan dalam organisasi atau perusahaan adalah sebagai berikut :
1. NILAI
Nilai-nilai dalam sehari-hari tidaklah dapat dipisahkan dalam hidup berorganisasi. Dalam organisasi atau perusahaan tetap harus memiliki nilai-nilai.
2. VISI
Visi adalah acuan atau pandangan yang dapat membuat suatu organisasi atau perusahaan menjadi maju dan berkembang. Pada dasarnya visi tidaklah jauh berbeda dengan misi.
3. MISI
Setiap organisasi atau perusahaan pasti memiliki misi. Tidak mungkin suatu organisasi atau perusahaan berdiri tanpa tujuan yang jelas. Dan misi dapat memacu suatu organisasi atau perusahaan untuk maju dan bekerja keras demi tercapainya misi tersebut.
4. ATURAN
Aturan dalam setiap organisasi atau perusahan dibutuhkan untuk menciptakan para karyawan dan anggota yang tertib sesuai dangan peraturan yang telah disepakati. Kebanyakan perusahaan yang tidak memiliki aturan, perusahaan itu hancur. Karena banyak karyawan atau anggotanya bertindak sesuka hati.
5. PROFESIONALISME
Profesionalisme dalam berorganisasi atau pekerjaan sangat lah penting dalam mendapatkan hasil kerja yang baik dan sangat memuaskan. Jika tidak memiliki profesionaluisme dalam suatu pekerjaan, maka hasilnya hampir dipastikan kurang maksimal atau kurang memuaskan bahkan bisa mengecewakan.
6. RENCANA KERJA
Banyak organisasi atau rencana kerja yang tidak memiliki rencana kerja dan hasil kedepannya sangatlah tidak bagus. Organisasi atau perusahaan menjadi salah langkah. Maka dari pada itu, rencana kerja sangatlah penting demi masa depan suatu organuisasi atau perusahaan.
7. SUMBER DAYA
Sumber daya berupa sumberdaya manusia sangatlah dibutuhkan dalam organisai atau perusahaan. Karena dengan adanya sumber daya manusia sangat membantu di setiap langkah atau pekerjaan yang berada diperusahaan. Dan sekarang-sekarang ini hampir semua perusahaan membutuhkan sumber daya yang kyualitasnya baik. Yang dapat menyelesaikan masalah dalam perusahaan atau organisasi.
8. INTENSIF
Kesungguh-sungguhan dari setiap organisasi atau perusahaan tergantung juga pada intensif para individu karyawan atau anggota yang ingin memajukan organisasi dan perusahaan tersebut.

Jika salah satunya saja tidak ada, maka organisasi dan perusahaan tersebut tergolong bukan organisasi atau perusahaan yang baik. Salah satu criteria tersebut sangatlah penting dalam membangun organisasi atau perusahaan yang dapat bersaing dengan yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar