Kamis, 20 Oktober 2011

Telematika

-Telematika-

A. Pengertian dan Pemahaman Telematika
Telematika berasal dari bahasa perancis “telematique” yang berhubungan dengan sistem jaringan komunikasi dan teknologi informasi. Teknologi informasi terdiri dari sarana prasarana, sistem dan metode untuk perolehan, pengiriman, penerimaan, pengolahan, penyimapanan, pengorganisasian, dan penggunaan data yang bermakna. Jadi pengertian telematika adalah merupakan konvergensi antara teknologi telekomunikasi, media dan informatika yang digunakan untuk keperluan pemrosesan data dengan sistem binary/digital.

B. Pemanfaatan Telematika
Telematika memiliki 2 manfaat yang mencakup dari pengertian telematika itu sendiri, antara lain :
1. Sebagai alat penyampai informasi.
2. Sebagai sarana kontak sosial hidup bermasyarakat.

C. Perkembangan Telematika Dalam Teknologi Informasi
Dalam latar belakang sosial demikianlah telekomunikasi dan informasi, mulai dari radio, telegrap, dan telepon, televisi, satelit telekomunikasi, hingga ke internet dan perangkat multimedia tampil dan berkembang dalam dunia teknologi informasi. Perkembangan telematika dibagi menjadi 2 masa yaitu masa sebelum atau pra satelit dan masa satelit.
1. Masa Pra-Satelit
a. Radio
b. Telegrap
c. Telepon
d. Televisi
2. Masa Satelit

Berdasarkan perkembangan telematika tersebut diatas, telematika di memiliki tiga peran pokok, antara lain :
1. Mengoptimalkan proses pembangunan. Telematika memberikan dukungan terhadap manajemen dan pelayanan kepada masyarakat berupa sarana telekomunikasi yang memuaskan masyarakat saling berinteraksi tanpa terhalang jarak. Dengan telematika, proses komunikasi menjadi mudah sehingga mudah pula untuk menyebarkan informasi dari satu daerah ke daerah lain.

2. Meningkatkan Pendapatan. Produk dan jasa teknologi telematika merupakan komoditas yang memberikan peningkatan pendapatan bagi perseorangan, dunia usaha bahkan negara dalam bentuk devisa hasil ekspor jasa dan produk industri telematika.

3. Pemersatu bangsa. Teknologi telematika mampu menyatukan bangsa melalui pengembangan sistem informasi yang menghubungkan semua institusi dan area dengan cepat tanpa terhalang jarak daerah masing-masing.

D. Trend Telematika Saat ini
1. Surat Elektronik (email), Dengan aplikasi sederhana seperti email maka seorang dosen, pengelola, orang tua dan mahasiswa dapat dengan mudah berhubungan.

2. Video Teleconference, Keberadaan teknologi ini memungkinkan siswa atau mahasiswa dari seluruh dunia untuk dapat berkenalan, saling mengenal bangsa di dunia.

3. Telepon Selular (Hp), dengan telepon selular ini sekumpulan orang dapat dengan mudah berhubungan, di mana saja dan kapan saja.

0 komentar:

Posting Komentar