Minggu, 24 Juni 2012

Seorang Programer


Program komputer (sering kali disebut sebagai program saja) merupakan suatu aplikasi yang dibuat dengan menggunakan bahasa program tertentu dan telah ter-install di dalam komputer. Program komputer merupakan contoh perangkat lunak komputer yang menuliskan aksi komputasi yang akan dijalankan oleh komputer. Komputasi ini biasanya dilaksanakan berdasarkan suatu algoritma atau urutan perintah tertentu.Urutan perintah (atau algoritma)merupakan suatu perangkat yang sudah termasuk dalam program komputer tersebut.Tanpa algoritma tersebut,program komputer tak dapat berjalan dengan baik.
Program komputer dikelompokan dalam kelompok low level language ,mid level language dan high level language.
Programmer merupakan orang yang mampu membuat program/perangkat lunaknya shg dapat menjalankan perangkat kerasnya/hardware.
example :programmer computer,programmer microchip dll.
tetapi disini saya hanya sebatas membahas ttg programmer computer saja.
jadi sebuah komputer tidak akan bisa berjalan walaupun sudah tersedia perangkat kerasnya namun tidak tersedia programnya .
dari faktor tsb, dapat kita tarik kesimpulan yaitu:
1) menyebabkan harga software lebih mahal daripada harga hardwarex sendiri
dan dari kesimpulan tsb , banyak muncul faktor lainnya seperti:
-Seseorang akan berusaha sekeras mungkin untuk mendapatkan software dg murah /bajakan, atau dengan kata lain menimbulkan kriminalitas/illegal .
Dari artikel diatas kita tahu bahwa peran seorang programmer memang sangat menentukan di dunia percomputeran .
Nah, bagi anda yang tertarik untuk mempelajari programmer mari kita bagi2 ilmu di blog ini ok!

Bahasa Pemrograman(Language programming)
Salah satu alat yg dibutuhkan programmer untuk membuat program adalah bahasa pemrograman atau language programming.Bahasa pemrograman dibagi berdasarkan fungsinya untuk membuat program:

Web Language program
terdiri atas:
1)PHP ( Tutorial PHP )
2)Javacript ( Tutorial Javascript )
3)Html (sebenernya sudah bawaan dari windows) dll ( Tutorial Html )

Database Language program
terdiri atas:
1)MySQL ( Tutorial MySQL )
2)VB dll ( Tutorial VB )

System Language program
terdiri atas:
1)C ( Tutorial C )
2)C++ ( Tutorial C++ )
3)Java ( Tutorial Java )
4)Phyton ( Tutorial Phyton )
5)D ( Tutorial D )
6)VBasic dll

Dampak negatif menjadi programer
Profesi programer komputer merupakan salah satu profesi yang sangat pelik, bukan saja membutuhkan kemampuan berpikir logis,imajinatif, dan kreatif, melainkan membutuhkan stamina dan daya tahan tubuh yang baik. Maka tak heran profesi seperti programer ini riskan terhadap serangan penyakit dan gangguan kesehatan. Berikut adalah lima resiko yang harus dihadapi para programer:

1.      Bisa Terkena Penyakit “Bell’s Palsy”
Bell’s palsy adalah nama penyakit yang menyerang saraf wajah hingga menyebabkan kelumpuhan otot pada salah satu sisi wajah. Terjadi disfungsi syaraf VII (syaraf fascialis). Berbeda dengan stroke, kelumpuhan pada sisi wajah ditandai dengan kesulitan menggerakkan sebagian otot wajah, seperti mata tidak bisa menutup, tidak bisa meniup, dsb. Beberapa ahli menyatakan penyebab Bell’s Palsy berupa virus herpes yang membuat syaraf menjadi bengkak akibat infeksi. Metode pengobatan berupa memeberikan obota-obatan sejenis steroid dapat mengurangi pembengkakan.

Kata Bell’s Palsy diambil dari nama seorang dokter dari abad 19, Sir Charles Bell, orang pertama yang menjelaskan kondisi ini dan menghubungkan dengan kelainan pada saraf wajah.

2. Butuh kerja keras yang sangat ekstra
Terkadang seorang programmer harus begadang dan tidak tidur selama beberapa hari untuk menyelesaikan programnya.

3. Kurang bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya
Biasanya seorang programmer lebih memilih untuk berdiam di rumah atau tempat ia bekerja dan selalu berada di depan komputernya.

4. Merasa terkucilkan oleh lingkunganya.
Secara psikologis, perasaan ini muncul akibat terlalu intens berhubungan dengan mesin-mesin dan cenderung jarang berhubungan dengan manusia. Akibatnya, meski belum sepenuhnya terjadi, programmer merasa dijauhi lingkungannya.

5. Berani dikejar waktu (harus tepat waktu)
Ini lah yang membuat seorang programmer menjadi pusing dan kelelahan, tidak terbayangkan jika harus mengerjakan sebuah aplikasi/program yang sudah menjadi kewajibannya


Tentunya sebagai seorang programer profesional kita mengetahui batasan-batasan dari profesi kita, kita sebagai seorang programer tidak boleh merugikan orang dengan program yang kita buat. Seperti membuat “fake login” pada suatu website tertentu sehingga kita mendapatkan password dari akun tersebut. Karena di indonesia tindak kejahatan kriminal tentu dapat di tindak tegas. Oleh karena itu kita harus membuat hal positif dari setiap program yang kita buat agar dapat berguna bagi orang yang menggunakan program kita tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar