Selasa, 30 November 2010

Definisi dan Posisi Basketball

Definisi dan Posisi Basketball

Bola Basket adalah sebuah tim olahraga di mana dua tim yang masing-masing lima pemain aktif mencoba untuk skor poin terhadap satu sama lain oleh yg melemparkan bola melalui 10 kaki (3 m) tingginya lenja (tujuan) yang diselenggarakan di bawah aturan. Bola Basket adalah salah satu yang paling populer dan banyak dilihat olahraga di dunia.


BASKETBALL POSITIONS

Point Guard (PG) biasanya disebut posisi 1, yaitu playmaker. Tugasnya kebanyakan mencari ruang untuk teman yg lain agar bisa mendapat skor. Kelebihan yg harus ada, yaitu passing, speed, dribling dan shooting 3p. Contoh : Steve Nash, Chris Paul dan Mario Wuysang.

Shooting Guard (SG) atau posisi 2, lebih dibutuhkan untuk mencetak skor atau membuat poin. Tangguh menerobos defense tim lawan dan sangat dibutuhkan untuk membuat poin. Contohnya Dwayne Wade.


Small Forward (SF) atau posisi 3, hampir sama dengan no 2, bedanya saat defense dia harus bisa rebound, karena posisi dia saat defense agak di belakang sehingga defense-nya harus lebih baik. Contoh : Melo Anthony dan Amin Prihantono.


Power Forward (PF) atau posisi 4, lebih condong pada defense. Dia adalah teman Center, jadi harus kuat dalam blok out, rebound dan jangan lupa inside scoring saat offense. Contoh : Amare Stoudermire n Lolik.

Center (C) atau posisi 5, pemain terakhir yang ada di kotak defense, sama seperti posisi 4 ,tetapi center harus lebih kuat, bisa defense dan offensive rebound, serta aerial shootingnya. Contoh : Dwight Howard dan Ronny Gunawan.

0 komentar:

Posting Komentar