Senin, 08 November 2010

Pengertian Kalimat Efektif

Pengertian kalimat efektif

Yang dimaksud dengan kalimat efektif adalah kalimat yang memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :

1. Secara tepat dapat mewakili gagasan atau perasaan pembicara atau penulis
2. Sanggup menimbulkan gagasan yang sama tepatnya dalam pikiran pendengar atau pembaca seperti yang dipikirkan oleh pembicara atau penulis.

Kalimat efektif itu sendiri adalah kalimat yang dapat mengungkapkan gagasan pemakainya secara tepat dan dapat dipahami secara tepat pula

Kalimat yang baik pertama kali haruslah memenuhi persyaratan gramatikal. Berarti, kalimat itu harus disusun berdasarkan kaidah-kaidah yang berlaku meliputi :

1. Unsur-unsur penting yang harus dimiliki setiap kalimat.
2. Aturan-aturan tentang EYD.
3. Cara memilih kata dalam kalimat (diksi)
4. Kehematan ,. Kehematan yang dimaksud berupa kehematan dalam pemakaian kata, frase atau bentuk lainnya yang dianggap tidak diperlukan. Kehematan itu menyangkut soal gramatikal dan makna kata. Tidak berarti bahwa kata yang menambah kejelasan kalimat boleh dihilangkan.
5. Kevariasian,. Untuk menghindari kebosanan dan keletihan saat membaca, diperlukan variasi dalam teks. Ada kalimat yang dimulai dengan subyek, predikat atau keterangan. Ada kalimat yang pendek dan panjang.
6. Koherensi yang baik dan kompak, yaitu hubungan timbal-balik yang baik dan jelas antara unsur-unsur ( kata atau kelompok kata ) yang membentuk kata itu.
7. Keserasian, efektif tidaknya suatu bahasa ditentukan juga oleh faktor keserasian/kesesuaian yaitu serasi dengan pembaca/penulis dan cocok dengan pendengar/pembaca serta serasi dengan situasi dan kondisi bahasa yang dipergunakan.

referensi blog :
http://adiel87.blogspot.com/2009/11/kalimat-efektif.html

0 komentar:

Posting Komentar