Selasa, 29 Desember 2009

Keburukan Struktur Organisasi Garis/Staff Pada Institusi Pendidikan

Keburukan Struktur Organisasi Garis/Staff Pada Institusi Pendidikan
Dalam kehidupan, peranan pendidikan bagi umat manusia sangatlah penting. Karena dengan adanya pendidikan maka dapat menambah wawasan seseorang sehingga kehidupan manusia menjadi lebih baik. Tanpa adanya pendidikan manusia tidak akan maju dan berkembang seperti sekarang ini.
Hingga saat ini pendidikan telah berkembang dengan pesat. Kita tidak perlu harus pergi ke sebuah instansi pendidikan untuk mendapatkan pengetahuan. melainkan kita juga bisa belajar melalui media elektronik (televisi, radio, internet) dan juga media cetak (koran, majalah, dsb).
Untuk mendapatkan hasil yang terbaik maka bukan hanya dipengaruhi oleh tenaga pengajar saja, melainkan juga struktur organisasi pendidikan tersebut. Apabila tenaga pengajarnya berkualitas namun struktur organisasi yang digunakan kurang baik, maka hasil yang didapat pun tidak akan maksimal.
Oleh karena itu struktur organisasinya pun haruslah tepat. Misalnya apabila lembaga pendidikannya cukup besar seperti universitas maka lebih baik menggunakan struktur organisasi Garis dan Staff. Karena dengan struktur organisasi ini mudah dalam melakukan koordinasi.
Namun demikian struktur organisasi ini juga mempunyai keburukan. Diantaranya yaitu sulit dalam pengambilan keputusan karena harus mempertimbangkanya dengan staff-staff yang lain sehingga akan memakan waktu yang lama dalam pengambilan sebuah keputusan. Dan karena besarnya lembaga pendidikan tersebut mengakibatkan solidaritas antar anggotanya kurang.

0 komentar:

Posting Komentar