Selasa, 29 Desember 2009

Teori Motivasi :

Motivasi adalah keadaan dalam pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu guna mencapai suatu tujuan.

Jadi motivasi adalah sesuatu yang di simpulkan adanya karena sesuatu perilaku yang tampak. Motivasi adalah masalah kompleks dalam organisasi karena membutuhkan keinginan setiap anggota organisasi ada benda-benda yang berkembang atas dasar proses belajar yang berbeda pula, motivasi dapat di timbulkan oleh faktor internal maupun faktor eksternal tergantung dari mana suatu kegiatan dimulai.

Para psikolog menyetujui bahwa motivasi internal dapat di kelompokan menjadi dua yaitu :

A. Motivasi fisikologis, yang merupakan motivasi alamiah (biologis) seperti lapar, haus, seks.
B. Motivasi psikologis, yang dapat di kelompokan dalam tiga kategori dasar. Yaitu :
- motivasi kasih sayang (affectional motivation), yaitu motivasi untuk menciptakan dan memelihara kehangatan, keharmonisan dll.
- Motivasi mempertahankan diri (ego-defensive motivation) yaitu motivasi untuk melindungi kepribadian dan mendapatkan ke banggan diri.
- Motivasi memperkuat diri (ego-bolstering motivation) yaitu motivasi untuk mengembangkan kepribadian, berprestasi dll.


Saya sendiri memiliki motivasi untuk membuat hidup selalu berjalan kearah yang lebih baik, karena motivasi merupakan aspek terpenting dalam menentukan maju atau tidaknya karir dan hidup seseorang, motivasi harus di dasari dengan niat yang sungguh-sungguh serta kerja keras agar mendapatkan hasil yang maksimal. Motivasi seseorang dapat mencerminkan


kepribadian orang itu sendiri karena jika semangat dan motivasi orang tersebut sangat kuat pasti orang tersebut mendapatkan hasil yang maksimal dalam pencapaian hidupnya.

Salah satu motivasi yang ada pada diri saya adalah motivasi untuk menjadi seorang programmer dan pembuat game yang handal. Motivasi saya terserbut dalam materi ini termasuk motivasi internal (motivasi psikhologis) yaitu motivasi memperkuat diri sendiri (ego-bolstering motivation), alasaan saya ingin menjadi seorang programmer dan pembuat game adalah karena seoranh programmer dapat menciptakan program yang berguna dalam kinerja suatu perusahaan, dan menjadi seorang pembuat game agar saya dapat menciptakan game yang bagus memeiliki grafik dan jalan cerita yang menarik dan juga dapat memasukan aspek pendidikan dan motivasi hidup pada game tersebut senhingga dalam game yang saya buat juga di sukai dan memiliki aspek edukasi.

Langkah pertama saya untuk mencapai cita cita saya ialah menguatkan niat dan motivasi pada diri saya sendiri serta belajar dan berkerja keras dalam pelajaran system computer yang salah satunya dengan membuat berbagai macam program dan grarik-grafik yang memiliki prospek yang bagus dalam segi hiburan dan pendidikan dan juga inovatif, serta melakukan semua hal dengan semaksimal mungkin agar saya bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan tidak ada penyesalan pada akhirnya

0 komentar:

Posting Komentar